Kamis, 02 Juni 2016

Preference (Pilihan/Kesukaan)

Preference adalah bentuk ungkapan kalimat yang menyatakan suatu hal lebih disukai daripada hal lain. Preference terbagi dalam tiga bentuk.



A. Like ... better than ... (lebih suka ... daripada ... )

Rumus:
S + Like + gerund/noun + better than + gerund/noun

Contoh :
  • You like juice better than milk. (Saya lebih suka jus daripada susu.)
Like ... better than ... bisa diikuti oleh gerund (bentuk "ing") atau noun (kata benda).

Contoh :
  • I like swimming better than jogging. (Saya lebih suka berenang daripada jogging)
B. Prefer ... to ... (lebih memilih ...daripada ... )

Rumus:
S + prefer + gerund/noun + to + gerund/noun

Contoh :
  • I prefer football to basket ball. (Saya lebih memilih sepak bola daripada basket.) 
Prefer ... to ... bisa diikuti oleh gerund (bentuk "ing") atau noun (kata benda).
Contoh:
  • Budi prefer watching action movie to watching drama. (Amir lebih memilih menonton film aksi daripada menonton drama.
C. Would rather ... than ... (lebih suka ... daripada ... )

Rumus:
S + would rather + verb + than + verb

Contoh :
  • Anita would rather buy a book than buy a new dress. (Anita lebih suka membeli buku daripada membeli pakaian baru)
  • Budi would rather eat healthy food than junk food. (Budi lebih suka memakan makanan sehat daripada junk food.
Hal yang harus diperhatikan :
1. Would rather ... than ... selalu diikuti kata kerja bentuk pertama tanpa penambahan akhiran apapun.
2. Would rather ... than ... tidak bisa dipakai dalam bentuk lampau, walaupun menggunakan kata "would".
3. Would rather ... than ... bisa dibentuk menjadi kalimat negatif.

Rumus :
S + would rather + not + Verb-1

Contoh :
  • I would rather not join them. (Saya lebih memilih untuk tidak ikut bergabung dengan mereka.)
Atau :

Would rather + Subject + didn't + Verb-1
Contoh :
  • I would rather he didn't come to my party. (Saya lebih suka ia tidak datang ke pesta saya.)
4. Would rather bisa disingkat menjadi "'d rather'".

Contoh :
  • We'd rather study than play. (Saya lebih suka belajar daripada bermain.)
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar