Selasa, 09 Januari 2018

Adverbia dalam Bahasa Inggris

Norway
Adverbia atau bisa disebut pengisi keterangan adalah kata keterangan yang biasanya menjelaskan verba, adjektiva, dan adverbia lainnya. Fungsi dari adverbia adalah untuk memperjelas makna dari kalimat itu sendiri. Terdapat beberapa macam adverbia, yaitu (1) adverb of time, (2) adverb of place, (3) adverb of manner, (4) adverb of degree, (5) adverb of frequency, dan (6) adverb of perspective.



  • Adverb of Time
Umumnya, kalimat dalam Bahasa Inggris sering kali  membutuhkan keterangan waktu untuk menjelaskan waktu kejadian, keadaan, kegiatan, dan lain sebagainya. Sedangkan pertanyaan dalam adverbia of time diawali dengan when yang digunakan untuk mempertanyakan waktu seperti yang terlihat pada contoh-contoh berikut ini:

1. The train arrived yesterday.
     When did the train arrive?
2. Maryam got married 2 years ago.
    When did Maryam get married?
3. Budi went home yesterday
    When did Budi go home?
4. She studies English for the exam tomorrow.
    When does she study English?

  • Adverb of Place
Kalimat dalam Bahasa Inggris sering kali membutuhkan keterangan tempat untuk menjelaskan lokasi terjadinya suatu aksi, keadaan, peristiwa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pertanyaan yang diawali dengan where biasa digunakan untuk mempertanyakan tempat, seperti yang terlihat pada contoh-contoh berikut ini:

1. He studies English at Yokohara School.
    Where does he study English?
2. Budi was born at America
    Where was Budi born?
3. They come from Norway.
    Where do they come from?

  • Adverb of Manner
Kalimat dalam Bahasa Inggris membutuhkan keterangan yang biasa menjelaskan verba predikat untuk menjelaskan saat terjadinya suatu aksi, peristiwa, kegiatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, pertanyaan yang diawali dengan how dapat digunakan untuk mempertanyakan cara seperti yang terlihat pada contoh-contoh berikut ini:

1. She speaks English fluently.
    How does she speak english?
2. He works quickly.
    How does he work?
3. They run very fast.
     How do they run?
4.  She looked at you in an unfriendly way.
     How did he look at you?
5.  They study diligently.
     How do they study?

  • Adverb of Degree
Kata keterangan ini sering muncul dalam kalimat Bahasa Inggris, terutama untuk menjelaskan adjektiva atau kata keterangan yang lain. Kata-kata yang sering digunakan untuk sebagai adverb of degree adalah absolutely, almost, barely, completely, fairly, far, hardly, much, just, enough, extremely, only, quite, rather, really, so, too, atau very. Pengunaannya sebagian dapat dilihat pada contoh-contoh kalimat berikut ini:

1. He is absolutely right.
2.  I'm almost ready.
3.  The room isn't big enough.
4.  This answer is much the best.
5.  They didn't work quickly enough.

  • Adverb of Frequency
Kalimat bahasa Inggris sering kali membutuhkan keterangan frekuensi pada kalimat tersebut untuk menjelaskan saat terjadinya suatu aksi, peristiwa, keadaan, dan kegiatan lainnya. Letak adverb of frequency terletak sesudah to be, sesudah auxiliary, dan sebelum verba leksikal. Kata-kata yang sering menjadi adverb of frequency adalah always, seldom, often, frequently, ever, never, normally, once, rarely, sometimes, usually, scarcely, dan lain sebagainya. Contohnya pada kalimat-kalimat berikut ini:

1. I normally don't take math course on wednesday.
2. You are always late.
3. She always studies everyday.
4. He is often early.
5. I could hardly listen to him.

  • Adverb of Perspective
Kata keterangan dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan pendapat, sikap, sudut pandang pembicara dalam suatu pembicara dalam suatu ujaran, disebut adverb of perspective. Kata-kata keterangan yang biasa dipakai adalah actually, in fact, really, certainly, surely, unfortunately, honestly, naturally, officially, probably, apprently, clearly, obviously, dan lain sebagainya. Contoh-contoh kalimat yang menggunakan adverb of perspective:

1. Actually, Budi didn't get the money.
2. We Certainly work hard.
3. Apparently she knew the town hall.
4. Probably, she is crying in the room.

Itulah adverbia dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

baca juga: Perbedaan Penggunaan "You" dan "They" dalam Bahasa Inggris


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar